GROBOGAN GUMREGAH SAMBUT KEDATANGAN TIM PENILAI LOMBA BINTER TINGKAT MADYA KE 20 TAHAP II KODIM 0717/PURWODADI

GROBOGAN GUMREGAH SAMBUT KEDATANGAN TIM PENILAI LOMBA BINTER TINGKAT MADYA KE 20 TAHAP II KODIM 0717/PURWODADI

 

PURWODADI  – Berbagai rangkaian acara dilakukan Kodim 0717/Purwodadi dalam menyambut Lomba Pembinaan teritorial (Binter) Tingkat Madya se-Indonesia ini. Sebanyak lima ribu pelajar turut memeriahkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan selama satu jam. Serta penampilan Sosio Drama di Alun-alun Purwodadi, Rabu (6/9).

Kegiatan yang dinamakan ‘Grobogan Gumbrigah’ itu diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan selama satu jam penuh. “Tujuan diadakan ini untuk mengajak generasi muda agar mengingat histori jaman perjuangan. Terlebih di era milenial, kini sudah mulai luntur. Maka kami mencoba mengingatkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan ini,” jelas Dandim 0717/Purwodadi Letkol Arh Jan Piter Gurning.

Dilanjut selain menyanyikan lagu kebangsaan, juga ada pertunjukkan sosio drama yang mengangkat kisah perjuangan dalam mengusir penjajah. Aktor yang memerankan kisah tersebut seluruhnya merupakan siswa MAN Purwodadi. Drama ini mengangkat kisah perjuangan wanita Nyi Ageng Serang, saat berjuang bersama masyarakat mengusir penjajah Belanda.

“Kisah ini dipilih karena Nyi Ageng Serang merupakan pahlawan perempuan kelahiran Grobogan. Maka berharap melalui acara itu bisa menumbuhkan semangat nasionalisme kepada para pelajar yang hadir. Serta mampu meneladani pengorbanan dan perjuangan pahlawan bangsa,” ujarnya.

Dijelaskan, inti dalam kegiatan ini adalah penilaian Lomba Binter yang akan berlangsung selama dua hari. Dengan kategori lomba diantaranya pangkalan (kerapian, kebersihan, ketertiban dan keindahan), materiil (gudang senjata, angkutan), Persit Kartika Chandra Kirana, pembinaan meliputi personel, latihan dan administrasi serta melakukan kunjungan ke berbagai lokasi pelaksanaan program unggulan yang ada di Kodim.

“Selama ini kami mencoba dan terus menjalin hubungan yang baik dengan pemangku kepentingan maupun masyarakat. Sehingga berharap hasil yang kami dapat bisa memuaskan,” harapnya.

Tak hanya itu, Dandim juga berharap masyarakat terus mendukung penuh kelancaran pelaksanaan lomba ini. Karena dengan dukungan masyarakat, dan sesama instansi pemerintahan mudah- mudahan kita akan menjadi yang terbaik dalam lomba Binter Tingkat Madya ini.

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian Lomba Binter yang merupakan Waaster Kasad Brigjen TNI Budi Sulistiyono mengapresiasi penuh penyambutan pelaksanaan lomba yang dibuat Kodim 0717/Purwodadi. Serta mengapresiasi semangat pelajar yang begitu antusias hadir hingga menyanyikan belasan lagu nasional.

“Berharap selama dua hari penilaian ini, Kodim 0717/Purwodadi dapat menunjukkan program-program unggulanya dengan baik. Serta sejauh mana Kodim bisa menciptakan program inovatif di luar program yang  turun dari satuan atas sehingga dapat memberikan manfaat nyata untuk masyarakat luas,” ungkapnya. (  CS 17 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *